Delapan Tips Tubuh Tetap Segar Menjalani Puasa Ramadhan Agar Lebih Produktif

tips tetap segar puasa ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberhakan, ampunan dan sangat istimewa. Menjalaninya adalah suatu kewajiban untuk yang kita yang muslim. Banyak keistimewaan Ramadhan yang bisa kita raih jika bersungguh-sungguh menjalaninya.

Ketika puasa terkadang ada rasa malas untuk bangun sahur. Ini yang membuat seringkali jika kita tidak sahur di malam hari, pada saat puasa badan akan lemas. Memang begitulah umumnya ketika puasa Ramadhan.

Berpuasa memang menjadikan pola makan kita berubah dari biasanya. Dan waktu makannya juga bergeser.  Ketika malam kita diharuskan untuk makan sahur kemudian melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa.

Nah kadang tubuh terasa tidak enak bahkan pengennya males-malesan padahal hal tersebut tidak boleh. Untuk mengatasi hal tersebut bisa mengikuti beberapa cara agar puasa tetap segar dan produktif.

Tips Agar Sehat dan Produktif Saat Puasa Ramadhan

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit di bulan Ramadhan bukanlah sulit bagi yang sudah terbiasa berolahraga. Namun untuk kita yang jarang melakukannya akan terasa berat dan butuh perjuangan, yuk simak apa saja tips sederhana berikut.

1. Konsumsi Makanan Bergizi Pada Saat Sahur

Ketika akan berpuasa, maka jangan pernah tidak melakukan makan sahur agar badan mendapatkan gizi yang seimbang dan bisa dimanfaatkan untuk puasa seharian. Makanan yang mengandung pati dan juga berserat tinggi sangat dianjurkan agar puasa seharian lancar.

Kita juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein, yang juga berfungsi untuk mengurangi rasa lapar. Pilihan makanan yang berserat ada pada buah, sayur-sayuran, biji-bijian. Sedangkan untuk kebutuhan protein bisa diambil dari telur, keju, yoghurt dan sejenisnya.

2. Hindari Makan Berlebih Ketika Berbuka Puasa

Tak perlu membantah, kita tentu saja sering kalap ketika sudah waktunya berbuka. Bisa menghabiskan es beberapa gelas, makan semua hidangan hingga membuat perut kembung. Ini akhirnya membuat kita jadi malas untuk melakukan ibadah shalat tarawih, dan Allah sangat membenci hamba-Nya yang berlebihan.

Untuk itu berbukalah dengan bahan makanan yang mengandung sedikit lemak, air putih secukupnya, makanan yang mengandung gula alami seperti pada jus buah, kurma atau sup.

Jika sudah berbuka, kita bisa makan makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan serat. Ini bertujuan agar kita tetap sehat dan segar bugar selama berpuasa.

3. Cukupi Kebutuhan Air Minum

Banyak orang tidak memperhatikan pola makan ketika berpuasa, pada saat kita berbuka saja kadang lebih suka minum-minuman manis. Padahal jika melihat dari segi kesehatan, air putih adalah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh agar imun tetap terjaga.

Walaupun tidak ada larangan untuk menghilangkan haus dengan minuman manis, yang pertama dilakukan sebaiknya adalah mendahulukan air putih ketika berbuka. Kemudian setelah itu kita bisa shalat maghrib terlebih dahulu, baru minum yang manis-manis.

Penting diperhatikan bahwa jika kita berpuasa untuk tetap memenuhi kebutuhan air putih yaitu delapan gelas sehari. Kita bisa melakukan hal tersebut dari mulai saat sahur, ketika berbuka, setelah shalat tarawih dan menjelang tidur.

4. Tetap Berolahraga

Selama Ramadhan kita tidak boleh malas untuk berolahraga, namun tentu saja menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Kita bisa melakukan gerakan yang ringan namun tetap mengeluarkan keringat agar badan tetap fit.

Olahraga di waktu puasa, tentu saja harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Jika takut akan merasa haus atau kelelahan, maka bisa kita lakukan beberapa jam sebelum berbuka. Namun yang tak kalah harus diperhatikan adalah kita harus menjaga jarak dan sebaiknya dilakukan di dalam rumah.

5. Tidur Yang Cukup

Selama kita menjalankan puasa seharian maka tubuh tidak mendapatkan asupan makanan, nah Allah sudah sangat baik hingga ketika kita lemas bisa melakukan tidur namun tetap dalam sesuai syariat jangan berlebihan.

Hukum tidur selama puasa dapat bernilai ibadah dan juga dapat di anggap dosa. Dikatakan sebagai ibadah jika tidur yang kita lakukan tidak berlama-lama agar dapat melakukan ibadah lain seperti lupa shalat, berbuka dan amalan lain.

Oleh karenanya jika seseorang melakukan tidur selama puasa, maka itu sudah dinilai tidur yang hukumnya dosa. Kita harus tahu bahwa hukum shalat dan puasa, lebih tinggi derajatnya adalah hukum shalat.

Tidur yang cukup dapat mengurangi kerja tubuh dan otak sehingga stres bisa dikontrol yang berimbas baik pada kesehatan mental dan fisik.

Tidur juga dapat menjaga agar tubuh tetap segar saat berpuasa Ramadhan. Jika kita adalah seorang yang memiliki aktivitas di luar rumah bisa memanfaatkan waktu istirahat siang untuk sejenak tidur. Usahakan untuk tetap mendapatkan waktu tidur sekitar 6-8 jam sehari agar tubuh tetap fit saat puasa.

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Hal utama yang menjadikan agar tubuh kita tetap sehat salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kebersihan rumah ataupun tempat kerja sangatlah penting diperhatikan.

Allah sudah menyuruh hamba-Nya untuk selalu menjaga kebersihan seperti dalam sebuah hadis riwayat berikut ini:

Bersuci (thaharah) itu setengah daripada iman” (HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi)

Dari hadis di atas kebersihan adalah perbuatan yang dijunjung tinggi dalam agama Islam. Dengan lingkungan yang bersih membuat ibadah puasa lebih lancar dan bisa bernilai pahala. Taat perintah Allah agar dicintai-Nya sangat perlu kita perhatikan. Dan menjaga kebersihan adalah bagian daripada itu.

7. Menyusun Jadwal

Sebaiknya ketika kita berpuasa harus menyusun skala prioritas dan jadwal kegiatan selama Ramadhan. Kita bisa melakukannya dengan membagi waktu istirahat, beribadah dan bekerja.

Hal tersebut harus dilakukan agar kita tetap produktif dan juga mendapatkan kualitas ibadah yang baik. Ketika mengikuti jadwal dan memberikan skala prioritas, kita juga tetap memberikan porsi tubuh untuk beristirahat agar tidak terlalu lelah dengan kegiatan yang dilakukan saat berpuasa.

Dengan jadwal yang baik dan eksekusi yang pas akan membuat tubuh terjaga kesehatan dan kebugarannya, sehingga tetap segar saat puasa ramadhan. Kita bisa mulai menyusun skala priortas dari aktivitas ringan, sedang hingga berat.

Aktivitas yang ringan kita kerjakan bisa dilakukan lebih dulu, ini untuk menciptakan apresiasi perasaan senang ketika berhasil melakukannya. Sehingga kita senang ketika sudah melakukannya, kemudian dilanjutkan aktivitas skala sedang dan berat.

Jadwalkan pula kegiatan yang bersifat ibadah agar puasa Ramadhan lebih optimal dan pahalanya dapat kita raih. Dari makan sahur, tadarus Al-Quran, shalat wajib, shalat rawatib, shalat tahajjud, shalat dhuha, dan memperbanyak dzikir dan lainnya harus masuk dalam daftar susunan kegiatan sehari-hari selama Ramadhan.

Kita bisa melakukan jadwal persiapan menjalani Ramadhan ini jauh-jauh hari agar pada saat puasa Ramadhan lebih fokus beribadah.

8. Lakukan Hal Yang Disenangi

Selain menjaga kebersihan, pola makan, tidur hingga berolahraga kita juga bisa melakukan kegiatan yang disenangi agar tetap segar selama berpuasa. Jaga hubungan kita dengan pasangan untuk yang sudah menikah juga merupakan aktivitas yang menambah kabahagiaan.

Selain itu hal lain yang bisa kita lakukan seperti menjahit, membaca buku, bermain alat musik, memasak atau sekedar nonton televisi bersama keluarga juga membuat hormon kebahagiaan akan meningkat.

Hal tersebut akan membuat kita semakin semangat menjalani hari-hari selama puasa Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *