Delapan Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Wajib Diingat dan Dipahami

Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari, banyak orang sudah menanti datangnya bulan yang penuh berkah ini.  Satu bulan yang sangat berbeda dengan bulan lainnya, penuh keistimewaan tersendiri. Ibaratnya Ramadhan adalah bulan yang paling spesial diantara bulan lainnya.

Banyak kelebihan bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Keistimewaan bulan Ramadhan harusnya diingat agar menjadikan kita semangat ketika menjalaninya. Jika sudah tahu, tentu harapannya menambah lebih dekat hubungan kepada Allah ta’alla.

Mungkin sebagian kita masih belum tahu apa yang membuat bulan Ramadhan begitu unik dan istimewa? Yuk simak rangkuman berikut yang agar lebih paham.

Ini Istimewanya Bulan Ramadhan

Bagi kita yang sudah melakukan persiapan Ramadhan setidaknya sudah tahu bahwa di bulan Ramadhan ada amalan-amalan yang tidak dijumpai di bulan-bulan lainnya, seperti:

1. Bulan Penuh Berkah

Bagi umat muslim melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban. Dan Ramadhan sejatinya terbagi atas tiga. Sepuluh malam pertama di mana banyak rahmat Allah turun, 10 hari kedua banyak ampunan dan 10 hari akhir bagian menjadikan manusia terbebas dari api neraka.

Bisa dibayangkan bahwa 30 hari selama Ramadhan tidak ada hari yang tanpa rahmat dari Allah. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah yang artinya:

Ketika datang bulan Ramadhan: sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkat, diwajibkan ke atas kamu untuk berpuasa, dalam bulan ini pintu Jannah dibuka, pintu Neraka ditutup, syaitan-syaitan dibelenggu. Dalam bulan ini ada suatu malam yang nilainya sama dengan seribu bulan, maka diharamkan kebaikannya bagi siapa yang tidak beramal baik di dalamnya, sesungguhnya tidak mendapat kebaikan di bulan lain seperti di bulan ini.” (HR. Ahmad, Nasa’I dan Baihaqi).

2. Bulan Turunnya Al-Quran

Ramadhan adalah bulan di mana Allah menurunkan Al-Quran. Dalam surat Al Baqarah ayat 185 Allah menerangkan bahwa Ramadhan di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk manusia, memberikan pembeda antara yang benar dan batil.

Itu artinya Ramadhan bukan sembarang bulan, Al-Quran sebagai pedoman hidup umat manusia turun di bulan ini tentu saja ada maksud dari Allah. Kita sebagai umat muslim wajib mengimani apa yang menjadi pedoman hidup tersebut.

3. Malam Lailatul Qadar

Ramadhan sebagai bulan yang istimewa, juga menjadi momen untuk kita bisa mendapatkan pahala malam yang lebih baik dari 1000 bulan atau disebut Lailatul Qadar. Malam itu hanya bisa ditemui di bulan Ramadhan, sehingga wajib bagi kita untuk terus beramal agar bertemu dengan malam yang penuh maghfirah itu. Banyak amalan-amalan baik dan sunnah yang seyogyanya kita jalankan.

Maksudnya malam 1000 bulan adalah kita bisa mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan. Biasanya di 10 hari terakhir banyak yang beribadah lebih agar bisa mendapatkan atau bertemu dengan malam ini.

4. Dilipatgandakan Nilai Amal Perbuatan

Kita tahu bahwa setiap perbuatan baik tentu akan mendapat pahala, secara khusus setiap amalan dan ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan nilainya. Untuk itu kita harus melakukan banyak-banyak amal baik yang lebih sering dibandingkan bulan lainnya.

Amalan dan ibadah di bulan Ramadhan sangat besar pahalanya seperti shalat tarawih, memberi makan orang ketika berbuka puasa, membaca Al-Quran dan juga bersedekah. Semakin banyak kita beramal, insya Allah juga semakin banyak pahala yang kita kumpulkan.

5. Dibukanya Pintu Kebaikan

Seperti yang disinggung pada hadist diatas, bahwa pada bulan Ramadhan pintu-pintu syurga dibuka dan pintu neraka ditutup, syetan dibelenggu. Ini artinya Ramadhan adalah waktu terbaik untuk melakukan kebaikan tanpa adanya godaan atau gangguan.

Kita bisa mengumpulkan amal baik dan ibadah untuk diganjar pahala oleh Allah. Kita bisa memperoleh pahala disetiap kegiatan yang bernilai positif seperti pahala Ramadhan itu sendiri, pahala sahur, pahala membaca Al-Quran, pahala memberi makan orang yang berbuka, pahala shalat sunnah tarawih, shalat dhuha, shalat tahajjud dan amal kebaikan lainnya.

Itulah beberapa pintu-pintu kebaikan yang bisa kita lakukan dengan khusyuk di bulan Ramadhan. Begitu banyak pintu-pintu kebaikan, seharusnya membuat kita lebih giat dan fokus beribadah.

6. Bulan Ampunan Dosa

Allah sebagai pemilik jagat raya ini begitu baik terhadap umat-Nya. Allah akan mengampuni dosa setiap hamba-Nya yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh dan menjalankan perintah-Nya.

Pintu taubat Allah sangat terbuka lebar atas semua dosa yang kita lakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Jika kita bertaubat dengan sebenar-benar taubat maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan di masa lalu.

Dalam sebuah hadist riwayat Bukhori dan Muslim dijelaskan bahwa “Barangsiapa yang berpuasa dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Riwayat di atas bisa jadi jadi penyemangat kita dalam melangkah ke arah yang lebih baik. Kita harus percaya kepada Allah bahwa Dia akan mengampuni perbuatan buruk kita.

7. Bulan Terbaik Bersedekah

Sebagai bulan yang istimewa, maka amal yang kita kerjakan di saat Ramadhan juga akan diberikan ganjaran terbaik, salah satunya adalah bersedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah yaitu waktu terbaik untuk bersedekah adalah di bulan Ramadhan.

Di bulan ini, jika kita yang diberikan keluasan rejeki bisa ikut bersedekah membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah baik langsung atau melalui lembaga amal resmi. Kita tahu bahwa negeri ini banyak mengalami musibah dan itu secara tidak langsung adalah panggilan untuk kita berbuat baik.

Sedekah tidak harus dalam bentuk nominal uang, jika kita tidak memiliki cukup uang bisa juga bersedekah ilmu, pakaian, bahan makanan, hidangan takjil atau sedekah jasa.

Sedekah tidak harus menunggu kaya, apapun yang kita sedekahkan tentu akan mendapatkan balasan terbaik dari Allah asal ikhlas. Untuk itu bersedekahlah di bulan Ramadhan dengan mengharap balasan terbaik dari-Nya.

8. I’tikaf di Masjid

Pernah melakukan I’tikaf? Bagaimana rasanya? Tentu begitu tenang dan mendamaikan hati. Di bulan Ramadhan ini i’tikaf merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh umat muslim di 10 hari terakhir. Selain bisa memberikan ketenangan, i’tikaf juga membuat lebih khusyuk dalam beribadah.

Diamnya kita di masjid dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah tentu saja berbeda jika dilakukan di luar bulan Ramadhan. Kita yang di masjid melakukan shalat, dzikir, berdoa, tilawah, atau ingin menjumpai malam Lailatul Qadar bahkan tidur merupakan serangkaian i’tikaf.

Pahala setiap amal tersebut akan terus mengalir dan ini juga merupakan keistimewaan bulan Ramadhan yang tidak dijumpai di bulan-bulan lainnya.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, di bulan Ramadhan juga ada keistimewaan lagi yang juga mendapatkan rahmat sangat besar dari Allah, yaitu umrah. Umrah di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala serupa haji. Ini tertulis dalam riwayat Al-Bukhori dan Muslim yang bersumber dari sabda Rasulullah yang artinya:

Umrah pada bulan Ramadhan menyerupai haji

Amalan tersebut tentu tidak bisa dilakukan oleh setiap orang. Hanya bagi kita yang sudah mampu melaksanakannya karena biaya umrah di bulan Ramadhan tentu saja lebih tinggi dibanding di bulan-bulan selain Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *